Jangan Pilih Muka Lama

Posted by on July 12, 2013 in Siaran Pers, UTAMA | 0 comments

Jangan Pilih Muka Lama

Siaran Pers

RUU DESA tidak selesai sesuai janji

“JANGAN PILIH MUKA LAMA”

 

Adalah sebuah kepantasan apabila kami masyarakat desa seluruh Indonesia kecewa atas ketidakmampuan DPR menyelesaikan RUU Desa menjadi UU Desa sampai akhir masa sidang pada Masa Persidangan IV Tahun Sidang 2012-2013 yaitu 12 Juli 2013.

 

Mencermati tahapan proses yang sudah berjalan adalah :

  1. Bahwa amanat Undang Undang No 27 tahun 2009 tentang MPR, DPR, DPD  dan DPRD, menyebutkan bahwa “Panitia khusus bertugas melaksanakan tugas tertentu dalam jangka waktu tertentu yang ditetapkan oleh rapat paripurna” (pasal 139),  “Tindak lanjut pembahasan rancangan undang-undang yang berasal dari DPR atau Presiden dilakukan melalui 2 (dua) tingkat pembicaraan.” (pasal 148) dan “Ketentuan lebih lanjut mengenai tingkat pembicaraan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 148 diatur dengan peraturan DPR tentang tata tertib” (pasal 152).
  2. Bahwa amanat Tata Tertib DPR menyebutkan bahwa  “pembahasan RUU dialakukan dalam 2 (dua) kali masa siding dan dapat diperpanjang untuk 1 (satu) kali masa sidang” (Pasal 141)
  3. Bahwa RUU Desa telah diterima DPR dari Pemerintah pada masa sidang III tahun 2011 – 2012 (bulan januari – mei 2012), yang berarti apabila patuh pada tata tertib DPR, maka RUU Desa seharusnya telah selesai dibahas dan disahkan pada akhir masa siding I tahun 2012 – 2013 (bulan  Agustus – Oktober 2012). Dan dalam hal diberikan toleransi lebih lanjut maka RUU Desa Harus sudah disahkan pada masa sidang II tahun 2012 – 2013 yang berakhir pada minggu ketiga Desember  2012.
  4. Bahwa ternyata hari ini, 12 juli 2013, pada akhir masa siding IV tahun 2012 – 2013 ternyata belum juga mampu diselesaikan.

 

Oleh karenanya, menunjuk pada tidak ada satu pasal TATA TERTIB DPR yang mengatur sangsi apabila Pansus atau komisi atau apapun yang ternyata tidak mampu menyelesaikan tugas sesuai batasan waktu masa sidang yang telah ditetapkan, maka Relawan Pemberdayaan Desa Nusantara (RPDN) mengajak segenap masyarakat desa untuk melakukan HUKUMAN SOSIAL POLITIK.

 

RPDN menilai anggota Pansus RUU Desa dan segenap Anggota DPR periode 2009 -2014 dan pemerintah SBY Budiono telah gagal memperhatikan dan memperjuangkan desa, dan oleh karenanya RPDN dengan ini menyakatakan siap mengulirkan gerakan :

“JANGAN PILIH MUKA LAMA”

 

Gerakan ini adalah gerakan untuk menghimbau kepada masyarakat pemilih dari desa khususnya dan masyarakat pemilih seluruh Indonesia pada umunya agar pada pemilu 9 April 2013 untuk tidak lagi memilih calon legislatif yang sekarang telah duduk menjadi anggota DPR RI periode 2009 -2014.

 

Dan juga tidak pemilih calon Presiden yang merupakan bagian dari  pemerintah SBY Budiono.

Seluruh jaringan RPDN akan bekerja total untuk mengajak mitra perjuangan RPDN yaitu Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI), Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI), Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa (ABPEDSI) juga LSM Ormas Peduli Desa untuk mensosialisassikan gerakan ini.

 

Gerakan ini juga diharapkan menjadi alternatif bagi masyakat pemilih yang GOLPUT untuk menunjukkan kekuatannya yaitu menggagalkan terpilihnya kembali Anggiota DPR 2009 – 2014 pada pemilu  9 April 2014 nanti.

 

 

Demikian release ini disampaikan untuk mendapat perhatian dan pengertian semua pihak

 

 

 

 

 

JAKARTA, 12 Juli 2013

Ketua Pimpinan Pusat

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>