Pengesahan RUU Desa Sebaiknya Ditunda

Posted by on December 6, 2013 in Liputan Media, UTAMA | 0 comments

Pengesahan RUU Desa Sebaiknya Ditunda

RENCANA pengesahan RUU Desa 17 Desember mendatang meresahkan berbagai kalangan. UU ini kelak didinyalir justru akan menimbulkan kekacauan lantaran sejumlah persoalan yang diatur dalam UU tersebut justru melemahkan kewenangan lembaga desa itu sendiri, sementara otoritas kepala desa semakin meluas.

Pimpinan Pusat Relawan Desa Nusantara, Suryokoco Suryoputro berharap, sebaiknya pengesahan RUU Desa dievaluasi kembali, karena dia melihat ada sejumlah persoalan yang justru akan menjadi masalah dalam implementasinya. ā€¯Lebih baik ditunda terlebih dahulu,” tuturnya kepada Radar Bekasi usai diskusi terkait UU Desa yang diselenggarakan Departemen Forum Studi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UNISMA Bekasi, Kamis (5/12).

Alokasi angaran Rp1 miliar pada masing-masing desa, kata dia kurang efektif. Menurutnya, yang desa butuhkan desa bukan mengenai uang, tetapi lebih kepada kewenangan seperti yang atur dalam Permendagri Nomor 30 Tahun 2006 tentang Tatacara Penyerahan Urusan Pemerintah Kabupaten/Kota kepada Desa.

Dijelaskannya lebih lanjut, bahwa desa itu membutuhkan kail bukan ikan. Jadi, semestinya ada penegasan kembali mengenai Permendagri tersebut.

SEMINAR

Persoalan lain, kata Suryokoco, otoritas kepala desa terlalu besar dalam RUU tersebut, dan BPD yang seharusnya mempunyai fungsi kontrol justru tidak diberikan ruang yang cukup. “Artinya ketika bicara kepala desa, yang bisa tiga kali masa jabatan, otoritas kepala desa terlalu besar dan untuk posisi BPD, tidak diberikan ruang yang cukup,” ujarnya.

Untuk itu, dia berharap RUU dievaluasi ulang. Dia khawatir RUU ini dikeluarkan untuk dimanfaatkan kepentingan politik 2014. (neo)

Sumber : http://www.gobekasi.com/index.php/detail/7284/Pengesahan-RUU-Desa-Sebaiknya-Ditunda#.UrGn0iefnTU

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>